RESEP PRAKTIS CARA BIKIN ASIN CUMI BALADO + PETAI

Cara Praktis Memasak Ikan Asin Cumi Balado Campur Petai (Pete) - Ikan jenis cumi ini memang nikmat diolah dalam keadaan segar, tapi apakah anda juga pernah memasak ikan asin cumi? mungkin anda berpikir kalau ada yang segar kenapa memilih cumi yang sudah diawetkan dalam bentuk ikan asin? yaa.. ini hanya variasai saja yang namanya ikan cumi tetap ikan cumi walaupun sudah jadi ikan asin, harganya juga lebih tinggi dari pada ikan asin biasa, saya sendiri-pun sering memasak ikan asin cumi dicampur dengan tomat hijau, kulit sapi, cabai gendot (jenis cabai yang gendut, warnanya hijau) di oseng oseng, wuih...rasanya juga nikmat ada sensasi kenyal dari cumi dan kulit sapi di padu rasa asem yang berasal dari tomat-nya.

Kalau saya makan dengan olahan ini bisa nambah 2 kali. Soalnya selera sendiri, maka-nya ga usah makan diluar masak sendiri itu lebih asik dan nikmat lho, karena mau dibikin asin, pedas itu terserah selera sendiri. Tapi untuk kali ini saya ada resep olahan cumi asin + petai cabai hijau dari rumah makan padang nama aslinya "Cumi Asin Pete Lado Mudo", wah lebih mantap nih kaya'nya sebab ada atribut padang-nya, hmm...penasaran-kan? yuk mari'...


Resep Dan Cara Membuat Cumi Asin Balado + Petai

Bahan-bahan Cumi Asin Balado:
  • 1/4 Kg Cumi asin
  • 1 ons cabai hijau besar
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 2 papan pete
  • Kulit sapi (rekomendasi dari penulis pribadi)
Cara membuat Cumi Balado + Petai :
  1. Mula mula tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, cabe hijau, kunyit
  2. Silakan anda Goreng cumi hingga setengan matang, lalu tambahkan petai dan kulit sapi..
  3. Setelah cumi matang, angkat dulu dan sisihkan, 
  4. Tumis bumbu yg sudah di tumbuk, daun jeruk, dan serai..bumbui gula dan garam..aduk trs agar tidak gosong.
  5. kemudian masukkan cumi goreng dan petai tadi ke dalam tumisan bumbu, Masak hingga bumbu matang, setelah dirasa cukup matang silakan angkat dan sajikan.

Itulah cara yang sangat praktis memasak ikan asin cumi balado campaur petai, jika anda tidak suka petai tidak pakai juga tidak mengapa, kalau kuli sapi itu selera saya pribadi, tidak pakai juga tak mengapa. Masakan jenis ini biasanya hanya untuk dimakan 2 kali kalau banyak banyak ya bosan. Ini hanya alternatif jika anda bosan dengan yang lain..
Advertisement
RESEP PRAKTIS CARA BIKIN ASIN CUMI BALADO + PETAI
Buka Komentar