RESEP CARA MEMBUAT KUE WAJIK KETAN YANG LEGIT BANGET

Aneka Kue - Bagaimana cara membuat wajik (wajit) ketan gula merah yang manis dan legit? Apa saja resepnya? - Ehmm...melihat tampilan gambarnya saja seakan akan kita kembali ke masa masa kapaaan..gitu, jaman kita masih senang senangnya kumpul bersama keluarga. Ya iyalah...secara gitu lho, dikota besar susah sekali kita menemukan kue wajik ini, karena memang sudah gak ada yang buat kue wajik kecuali ada hajatan pernikahan atau selametan. Kue wajit yang terbuat dari ketan, gula merah dan kelapa ini sebenarnya tiap daerah di indonesia sudah ada karena para orang tua kita masih mewariskan, cuma namanya mungkin berbeda.

Tampilanya yang berwarna kuning kecoklatan ini membuat kita ingin sekali memakan-nya karena sudah rindu gak pernah makan kue wajik. Mungkin untuk anda yang tinggal di daerah Jogyakarta, Solo, Sragen dan sekitarnya masih ada yang jual di pasar dan biasanya dijual bersama jenang "Gulo", tapi untuk daerah Jakarta dan Bandung ini susah sekali saya menemukan-nya.

Saya sendiri kalau pulang kampung sering menyempatkan diri untuk membeli oleh oleh wajik dan Jenang Gulo karena di sini (Bandung) tetangga pada nanya oleh oleh khas daerah saya ya saya bawa'in saja wajik dan Jenang Gulo ini.
cara membuat wajik ketan yang manis dan legit
Jadi bener nih...sudah kangen dangan legitnya kue wajik ini? Saya pernah memperhatikan cara membuanya ketika mbak Yu saya bikin kue wajik ketan, terlihat agak kesusahan beliau ketika mengaduk aduk diatas wajan, lalu saya membantunya. Dari aroma asapnya sudah terasa manis legit, wangi karena ada campuran daun pandan dan daun jeruk purut "adah entut" he he he..bergurau. Oke langsung saja yuk kita kumpulkan bahan bahan-nya...

Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah

  • ½ kg beras ketan putih. pilih yang super(bagus).
  • 350 gr gula merah (pilih gula merah yang enak (gula aren))
  • 50 gr gula pasir
  • 1½ gelas Santan (bisa di ambil dari 1 - 2 butir kelapa)
  • 1/4 sdt garam
  • 2 atau 3 lembar daun pandan
  • 3 lembar daun jeruk purut.
  • 200 ml air

Cara Membuat Kue Wajik:
  1. Mula mula cuci bersih beras ketan, rendam beras sampai terendam selama 2-3 jam. tiriskan.
  2. Panaskan kukusan/ dandang dan kukus beras ketan selama 40 menit hingga 3/4 matang.
  3. Ambil panci tersendiri masak air200 ml hingga mendidih.
  4. Kemudian masukkan beras ketan yang sudah 3/4 matang ke dalam 200 ml air mendidih. aduk rata hingga air tereserap dan meresap ke beras ketan. diamkan dulu...
  5. Di sela sela waktu silakan masak santan, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan dan daun jeruk hingga mendidih dan kental. ( Sebaiknya menggunakan wajan penggorengan besar dan lumayan tebal untuk menghindari kemungkinan cepat gosong) 
  6. Lalu masukkan adonan ketan masak hinggga santan dan gula terserap habis oleh ketan. aduk-aduk selama proses santan terserap. masak terus hingga kering dan berwarna coklat mengkilap.
  7. Lalu angkat, panas-panas tuang ke dalam baki atau loyang ratakan sambil di tekan-tekan. dinginkan.
  8. Kemudian potong-potong sesuai selera hias dengan potongan daun pandan dan siap disajikan.
Baca juga: TEMPE KRIPIK YANG KEMRIPIK OLEH OLEH KHAS SRAGEN

Nah begitulah resep dan cara membuat wajik (wajit) ketan gula merah yang manis dan legit, Kue waik ini ciri khas daerah saya Sragen - Solo. kalau untuk daerah lain mungkin sama saja caranya hanya ukuran atau takaran bahan mugkin yang beda.
Advertisement
RESEP CARA MEMBUAT KUE WAJIK KETAN YANG LEGIT BANGET
Buka Komentar