NIKMATNYA SENSASI BAKSO AYAM GORENG YANG MAK NYUSS...!!!

Olahan Ayam - Resep Dan Cara Membuat Bakso Ayam Goreng - Sepertinya memang aneh dan unik ini bakso ayam goreng, karena memang baru tahu. Kalau ibu ibu lihat di jalanan memang belum pernah ada yang jual bakso ayam goreng ini, makanya harus bikin sendiri untuk mencoba mencicipinya.

Bakso Ayam goreng, Kalau diperhatikan memang ada kesamaan dengan "penthol" bakso pada umumnya, karena daging ayam harus di lembutkan dahulu dengan di giling atau di blender, untuk tepungnya bisa pakai tepung sagu atau tapioka, lalu untuk pengenyalnya memakai bahan putih telur. Untuk menambah vitamin, ibu ibu bisa ditambahkan/campurkan wortel pada adonan-nya.

Untuk penyajian Bakso Ayam goreng ini bisa dimakan langsung dengan cara di cocolkan dengan saus cuka dan bisa juga dibikin bakso & Kuah pada umumnya. Ok mari kita siapkan bahan dan bumbu serta peralatanya...

Bahan & resep Bakso Ayam Goreng

  • Ayam sebanyak 300 gram
  • Tepung sagu / tapioka sebanyak 150 gram
  • Wortel potong dadu sebanyak 100 gram
  • Bawang daun sebanyak 5 batang
  • Minyak baru sebanyak 2 sendok makan
  • Putih telur sebanyak 2 butir
  • Garam sebanyak 1 sendok makan munjung
  • Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
  • Gula sebanyak 1 sendok makan
  • Kaldu udang sebanyak 3 sendok makan atau kalo ibu ibu mau membuat kaldu udang sendiri caranya dengan merebus kepala atau daging udang dengan wortel lalu beri garam secukupnya.

Cara Membuat Saus Cuka

  • Haluskan cabai rawit dengan sedikit garam menggunakan ulegan hingga halus kemudian tambahkan bawang putih dan uleg kembali hingga halus.
  • Setelah itu tambahkan gula merah dan perasan air jeruk.uleg sampai halus dan apabila saus cuka terlalu kental bisa bunda tambahkan 1 sendok makan air hangat.

Cara Membuat Baso Ayam Goreng

  1. Pertama fillet daging ayam hingga bersih dari tulang dan kulitnya dan cuci bersih lalu potong-potong kecil.
  2. Setelah itu masukkan daging ayam tersebut ke dalam tabung blender dengan, 3 sendok makan air kaldu udang dan 2 butir putih telur, lalu proses hingga halus dan kenyal. Penggunaan putih telur wajib hukumnya karena untuk membuat adonan bakso menjadi lebih kenyal.
  3. Dalam wadah, campurkan ayam yang telah diblender dengan 5 batang bawang daun yang sudah di iris, 100 gram worteL 1 sendok makan munjung garam 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan minyak wijen, aduk rata.
  4. Kemudian Masukkan 150 gram tepung sagu sedikit - sedikit sambil adonan terus di aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
  5. Bentuk adonan dengan berbentuk bulat menggunakan tangan dan sendok lalu masukkan ke dalam wajan yang sudah di panaskan minyaknya.
  6. Goreng bakso di atas api sedang hingga berwarna keemasan, lalu angkat dan tiriskan di atas tissue tebal.
<< Wajib Coba: Resep rahasia bakso dari tukang bakso yang spesial lezat >>
Nah sekarang Bakso ayam goreng enak dan gurih serta sehat ini siap untuk di sajikan selagi masih panas dengan saus cuka atau ibu ibu juga bisa menikmati bako goreng ini dengan bakso pada umumnya atau juga di buatkan sup.

Advertisement
NIKMATNYA SENSASI BAKSO AYAM GORENG YANG MAK NYUSS...!!!
Buka Komentar