NIH...!!! RESEP RAHASIA BAKSO DARI TUKANG BAKSO SPESIAL LEZAT

Olahan Bakso Daging Sapi - Apa rahasia Cara membuat bakso dan kuah bakso supaya lebih enak dan lezat? - Jika anda orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang terbuat dari bahan dasar daging sapi ini, ya..!! itulah Baso atau Bakso. Dimana mana dikota maupun di desa warung bakso ini selalu ramai dikunjungi para pembeli, entah ia sudah menjadi langganan ataupun orang yang lewat dan kebetulan lapar di tengah jalan, bakso adalah alternatif makanan selain nasi. Bahkan dengan bakso + mie-nya sudah cukup sebagai pengganti makan siang ataupun malam, karena sudah kenyang.

Banyak macam variasi bakso ini ada yang baso bulat sebesar bola kasti, ada yang kecil kecil yang biasanya sebagai pendamping bakso utama yang berisi daging, bahkan ada yang sebesar kepalan 2 jari tangan dewasa sampai memenuhi mangkuk-nya. Semua tergantung selera pembeli, sebagai penjual awal awal  biasanya mereka akan memberikan berbagai pilihan ukuran yang berbeda beda, nanti pelanggan yang akan menilai dan mana yang paling laku, itulah yang akan diperbanyak produksinya.
Resep rahasia bakso dari tukang bakso yang spesial lezat
Tiap daerah beda selera dalam memilih campuran bahan makanan pendamping bakso, kalau di jawa barat biasanya terdiri dari Bakso utama, sayur sawi (sausin), kecambah, mie bihun & mie kuning biasa lalu ditaburi daun seledri dan bawang goreng ada juga yang dibikin Yamin (bakso besama kuah dipisahkan dengan mie kuning)  kalau di jawa timur lebih bervariasi lagi, meraka menambahkan beberapa gorengan terutama pangsit yang digulung dan tahu, kalau di Jawa tengah  aku lihat lebih sederhana yaitu hanya berisi bakso utama + bakso kecil, sawi, mie bihun, taburan daun saledri dan bawang goreng yang penting kualitas bakso benar benar mak-nyus.

Nah bakso yang dari jawa tengah (Solo) inilah yang menjdi pilihan saya, pada kuah bakso-nya saja anda kan mencium aroma ciri khas bakso yang berkualitas enaknya ditambah lagi bakso-nya yang kenyal dan berserat daging sapi yang dibuat dengan nama bakso urat, ada juga sebenarnya bakso cincang tapi yang lebih laku bakso urat-nya. Lalu bagaimana agar bakso dan kuah bakso ini sama sama terasa lezat ketika dipadukan? inilah rahasia cara membuat-nya..

Cara membuat bakso dan kuah bakso supaya lebih enak dan lezat..!!!   

Bahan Bahan Bakso:
  • 500 gram daging sapi giling
  • 1sdt lada putih bubuk
  • 1/4 kg bawang putih dihaluskan
  • 50 gram es batu
  • 1 butir telur ayam
  • 100 gram tepung kanji
Bumbu dan Bahan Kuah Bakso :
  • 1/4 kg bawang putih dihaluskan
  • 1 sdt lada (merica) putih bubuk
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm gula
  • 1 buah balungan kaki sapi untuk kaldu kuah
  • 3 liter air putih untuk kuah
Bahan Pelengkap:
  • 1 bungkus bihun direbus atau rendam saja di air panas, Jika anda ingin mie kuning silakan boleh saja
  • Daun seledri secukupnya
  • Bawang goreng atau bawang merah goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Mula mula Campur daging sapi giling, es batu, telur dan bumbu, lalu haluskan menggunakan food processor atau mixer. Tambahkan tepung kanji sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tuang adonan ke dalam baskom.
  2. Didihkan air secukupnya, jika sudah mendidih biarkan api menyala kecil
  3. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat dan masukkan adonan bakso ke dalam air yang sedang mendidih. Biarkan hingga terapung (itu tandanya bakso sudah matang). Angkat, tiriskan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Sekarang membuat kuah bakso, masukan semua bumbu dan bahan kuah bakso masak balungan kaki sapi yang agak lama hingga menjadi kaldu (kaldu inilah yang membuat kuah bakso jadi enak)
  5. Jika semua sudah beres, Siapkan bihun yang sudah di rendam tadi kedalam mangkok, masuk-kan bakso serta kuah bakso, taburi kasih seledri dan bawang goreng
  6. Hidangkan beserta saos, sambal dan jangan lupa Kecap Manis yang berkualitas yang membuat bakso menjadi enak, lezat dan mantap, jika anda tidak suka saus dan kecap, bakso dari Solo ini sudah cukup lezat dan swegerr..! dengan kuah bening saja.
Ok sahabat semua, itulah resep rahasia bakso dari tukang bakso yang spesial lezat, ternyata mudah-kan? anda juga bias bikin sendiri untuk di konsumsi keluarga tercinta, yang repot itu cuma bagian menggiling daging sapi dan membuat adonan-nya saja, selebihnya mudah apa lagi bagin amakan-nya itu paling mudah. jangan lupa di share ke media sosial ya..

pencarian anda terkait topik resep bakso jualan, jual resep bakso, resep baso buat jualan, resep jualan bakso enak, resep jualan bakso solo, resep bakso untuk dijual, resep bakso sapi layak jual, jual resep bakso malang, jual resep kuah bakso, resep bakso yang di jual, jual resep bakso solo, resep kuah bakso untuk jualan, resep pentol bakso untuk jualan.
Advertisement
NIH...!!! RESEP RAHASIA BAKSO DARI TUKANG BAKSO SPESIAL LEZAT
Buka Komentar